Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Profil Desa Kawasan Industri

27 Desember 2019 14:45:40

RAHMAD FERDIANSYAH

3.842 Kali dibaca

Kawasan industri kini mulai dilirik banyak investor untuk membangun pabrik baru atau pabrik untuk pengembangan. Tidak hanya di Jabodetabek, di daerah seperti Jawa Timur juga menjadi incaran investor. Salah satunya, adalah kawasan industri Ngoro Industrial Park (NIP) milik PT Intiland Development Tbk di Mojokerto , Jawa Timur.

Wihardi Hosen, selaku General Manager NIP mengungkapkan, mereka menerima permintaan lahan industri untuk pabrik sejak tahun 2010 lalu. Permintaan datang dari perusahaan yang berasal dari perusahaan asal Jepang, Taiwan, Korea dan Prancis

 

“Luas lahan yang dibutuhkan setiap perusahaan cukup besar, rata-rata mulai 5 sampai 20 hektare (ha) untuk pabrik baru agar kapasitas produksi bisa meningkat,” kata Wilhardi dalam siaran persnya, kemarin (8/2)

Belum lama ini, salah satu produsen popok bayi dan perlengkapan wanita, yaitu PT Unicharm Indonesia sudah teken perjanjian pembelian lahan seluas 20 Ha di Blok D2 di NIP. Unicharm Indonesia merupakan anak perusahaan Unicharm Corporation, salah satu produsen perlengkapan bayi dan kosmetika yang berkantor pusat di Jepang.

Lewat kesepakatan pemakaian lahan tersebut, pihak Unicharm akan membangun pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas produksi produknya. Selain Unicharm, ada PT Yakult Indonesia Persada, produsen minuman kesehatan, anak usaha dari Yakult Honsha Co. Ltd dari Jepang.

Selain itu ada juga Aje Group, produsen minuman Big Cola asal Peru yang sudah memulai tahapan pembangunan pabriknya. Ada juga Grup Evialis dari Perancis, PT Indoworld asal Thailand, PT Sunpower Ceramic dari Taiwan. Untuk perusahaan dari dalam negeri antara lain PT. Charoen Pokphand Indonesia, produsen makanan beku Fiesta dan PT Bambang Jaya, produsen alat listrik (Transformer).

“Kawasan Timur, NIP menjadi pilihan pertama bagi investor untuk ekspansi kapasitas produksi. Dari total investasi lahan industri yang masuk ke Jawa Timur tahun 2011, NIP punya porsi paling besar, dengan penjualan lahan industri lebih dari 40 ha (2011),” ujar Wihardi yang menargetkan bisa menjual 40 Ha lahan di NIP tahun ini.

Asal tahu saja, kawasan NIP tahap II direncanakan memiliki total lahan 350 ha yang merupakan pengembangan dari NIP I. Untuk pasokan energi, perseroan berencana menambah kapasitas pasokan gas alam di kawasan NIP yang akan dipasok Perusahaan Gas Negara (PGN).

Ngoro Industrial Park (NIP) merupakan kawasan industri yang berada di kaki gunung Penanggungan, kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Pengembangan lahan tahap sudah dilakukan sejak 1991 dengan total area 215 Ha, termasuk kawasan berikat atau Export Processing Zone 

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Pemerintah Desa

Sinergi Program

Kim Layang Kumitir
Simanis
Damar

Galeri

Statistik

Komentar

Penduduk Biasa
14 September 2016 07:09:16
Selamat atas keberhasilan Senggigi merayakan Hari Kemerdeakaan... selengkapnya

Media Sosial